Pre-Eklamsia dan Eklamsia
Pre-Eklamsia dan Eklamsia

Pre-Eklamsia dulu dikenal sebagai keracunan kehamilan, adalah komplikasi kehamilan yang terjadi pada sekitar 5-8% wanita hamil. Anda didiagnosis pre-eklamsia jika saat hamil terdapat 3 gejala berikut: Udema (Bengkak) di kaki disertai dengan peningkatan tekanan darah dan ditemukan protein dalam urin Anda.

Eklamsia adalah fase kelanjutan dari pre-eklamsia, yaitu dengan ditemukan 3 tanda dari pre-eklamsia tersebut, dan ditambah dengan timbulnya kejang. Kejang eklamsia menimbulkan koma, dan bahkan kematian ibu dan janinnya. Penyebab pre-eklamsia dan eklamsia hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Adanya pre-eklamsia selama kehamilan akan menghambat liran darah ibu ke plasenta sehingga menyebabkan pertumbuhan bayi terhambat dan berakibat berat badan bayi saat lahir rendah.

Pre-eklamsia dan eklamsia merupakan salah satu kasus kegawatdaruratan dalam kehamilan. Kontrol Kehamilan secara rutin dapat mendeteksi secara dini timbulnya prer-eklamsia dan eklamsia pada kehamilan Anda.

Sumber : Buku 9 Bulan Menjalani Kehamilan & Persalinan yang Sehat karya dokter RSKIA Rachmi dr. Irfan Rahmatullah, Sp.OG & dr. Nurcholid Umam, Sp. A, M.Sc

RSKIA Rachmi, RSKIA Rachmi Jogja, RSKIA Rachmi Yogyakarta, Rachmi Jogja, Rachmi Yogyakarta

Pre-Eklamsia dan Eklamsia

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.