Apakah test pack kehamilan cukup akurat?

Penggunaan test pack kehamilan untuk mendeteksi kehamilan di usia dini cukup akurat.

Namun, ada beberapa kondisi yang menyebabkan test pack urun memberi hasil tidak akurat atau positif palsu. Jika urin test pack digunakan pada wanita yang berumur mendekati masa menopause, tes urin ini kadang memberikan hasil positif palsu. Selain itu, ini bisa terjadi jika cara penyimpanan test pack ini tidak benar.

Jika test pack ini digunakan terlalu dini di awal kehamilan, tes akan memberikan hasil negative. Hormon hCG yang dihasilkan janin masih terlalu sedikit atau dibawah kadar yang bisa terdeteksi dengan test pack urin tersebut.

Jangan gunakan wadah yang cukup panas untuk menampung urin yang akan dites, karena hasilnya juga akan bias. Gunakan wadah sesuai suhu ruangan.

Pemeriksaan kehamilan dengan USG transvaginal akan mulai terlihat setelah usia kehamilan menginjak minggu keenam.

Apakah pemeriksaan USG lebih akurat dalam mendeteksi awal kehamilan dibandingkan dengan urin test pack?

Banyak yang beranggapan pemeriksaan USG akan memberikan hasil yang lebih cepat untuk mendeteksi kehamilan dibandingkan test pack urin. Anggapan ini tidak benar. Penggunaan USG baru bisa digunakan untuk melihat kehamilan mulai minggu ke-6 kehamilan. Sedangkan test pack urin sudah bisa mendeteksi adanya kehamilan di usia kehamilan baru masuk minggu ke-2.

Sumber : Buku 9 Bulan Menjalani Kehamilan & Persalinan yang Sehat karya dokter RSKIA Rachmi dr. Irfan Rahmatullah, Sp.OG & dr. Nurcholid Umam, Sp. A, M.Sc.

RSKIA Rachmi, RSKIA Rachmi Jogja, RSKIA Rachmi Yogyakarta, Rachmi Jogja, Rachmi Yogyakarta

Apakah Test Pack Kehamilan Cukup Akurat?

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.